SUNGAI MUSI, I’M IN LOVE

Aku bukanlah gadis petualang

Yang dibiarkan menjelajah

Mengarungi negeri tanpa bintang

Mesti jalan terarah

Kala itu di negeri seberang

Disanalah aku bertemu cinta

Lembutnya angin

Liarnya angan

Sapaan hangat mentari

Oh, inginku kembali dimanja

Duduk berdua sahaja

Apa yang kau bayang?

Ialah negeri seberang jawabnya

P_20161026_140636

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Well, kali ini aku akan menceritakan tentang tempat yang paling memorable untukku. Mau tau tempat apa yang sampai membuatku ingin kembali lagi? Dia adalah Sungai Musi di Palembang.

Jadi guys, aku tuh bukan termasuk cewek yang suka keluar rumah atau traveling jauh-jauh. Bayangin aja aku tinggal di Kota Malang tapi belum pernah sama sekali ke Sengkaling dan teman-temannya. Ke tempat wisata di Malang aja tidak pernah apa lagi naik pesawat terbang. Dari dulu ingin sekali merasakan naik pesawat terbang dan pergi ke tempat wisata Indonesia yang unik-unik.

Soon, Allah mengabulkan permintaanku, tahun 2016 adalah pertama kalinya aku dibawa naik pesawat gratis (dibayarin) menuju Palembang, Sumatra Selatan. Waw, wisata dekat rumah saja belum pernah, tiba-tiba ke negeri seberang. Layaknya keajaiban, waktu itu aku memang sedang ada event kampus di Palembang dan salah satu acaranya adalah city tour ke Pulau Kemaro dengan melewati Sungai Musi. Senang bukan main tentunya. Hari itu semua serba pertama kali. Pertama kalinya naik pesawat terbang, pertama kali naik kapal layar, dan pertama kalinya berwisata ke sungai.

P_20161026_121438

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatra yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu ilir dan ulu. Saat itu aku bersama empat orang temanku melintasi Sungai Musi untuk menuju Pulau Kemaro (dari ulu ke ilir). Aku dan dua temanku memilih duduk diluar kapal agar bisa lebih leluasa menikmati keindahan yang ada, tepatnya dibagian terdepan atas dekat nahkoda.

20161026_140311

Kupandangi kanan dan kiri, air sungai yang coklat nan luas, banyaknya perahu pengangkut pasir, rumah-rumah apung, pabrik Pupuk Sriwijaya yang terhampar megah di pinggiran sungai. Akupun akhirnya melewati Jembatan Ampera yang menjadi icon kota Palembang. Dalam hati berdecak kagum, tak pernah terbayangkan jembatan megah berwarna merah yang biasanya hanya kulihat di televisi kini sungguh tampak jelas berada diatasku. Sembari memandangi indahnya Sungai Musi, anganku mulai berbicara. Begitu banyak masyarakat Sumatra bahkan dari pulau lain yang dapat menikmati mahakarya ciptaan Tuhan ini. Sungai Musi membuka banyak peluang kerja, dari industri pupuk, transportasi, konstruksi hingga wisata alam. Jangan sampai keindahan itu hancur karena kerakusan tangan manusia. Disana pula aku menemukan cinta pada negeriku, menyadari bahwa Indonesia adalah negeri yang sungguh luar biasa.

P_20161026_144037

Sungai Musi ini hanya satu dari ribuan kekayaan alam Indonesia. Namun, sangat disayangkan momentum langka itu tak aku abadikan dengan sempurna, karena masih menggunakan handphone jadul yang hanya punya kamera belakang 2 Megapixel. Aku pun sering meminjam handphone teman yang memiliki kamera lebih baik. Meski mengabadikannya menggunakan handphone jadul dengan kamera berkapasitas rendah, keindahan Sungai Musi tetap tak dapat dipungkiri.

Harapanku dapat kembali lagi kesana, bukan sekadar bersama teman tapi ditemani cinta, yaitu keluarga atau bahkan pasangan hidup dan mengabadikan Jembatan Ampera, speedbooth, perahu tambang, deru bising kapal layar, dan gelombang air sungai dengan lebih jelas agar rasa cintaku tak hanya terhenti di Palembang tapi bisa kubawa pulang sampai Malang.

 

Advertisements

18 thoughts on “SUNGAI MUSI, I’M IN LOVE

  1. ajeng dewinta

    Hi erlinda
    Keren deh… sukak bgt cara kmu menyampaikan ceritanya, kmu bisa ngasih rasa ke pembaca, seakan kita yg membaca juga ikut merasakan dan mengalaminya. Jadi pengen main ke Palembang deh.

    Good job
    Break a leg !

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s